Mitos dan Pengalaman Estetis pada Karya Seni

Anisa Safitri Auralia | 202146500779 | R4J | Desain Komunikasi Visual | Universitas Indraprasta PGRI

Mitos dalam pemahaman semiotika Barhes adalah perkodean makna dan nilai-nilai sosial sebagai sesuatu yang dianggap alamiah dan bersifat konvensional, yaitu disepakati bahkan di percayai secara luas oleh masyarakat setempat.

Source : Youtube.com

Mitos pada video klip lagu Monokrom dari Tulus ialah pengaruh yang sangat kuat. Seseorang sedang merindukan sosok Ibu dimana pada lirik lagu di bait pertama dan kedua menjadi tanda hadirnya sosok yang sangat berpengaruh. Kata “rumah” dan “kali pertama manusia lain”.

Juga terdapat video seorang anak dan ibu, kenangan yang begitu kuat. Hadir dan hilangnya sosok ini sangatlah membawa perubahan. Saat masih anak-anak kita adalah bentuk dari monokrom, tidak tahu apapun, tidak mengerti apapun, hanya hitam putih saja. Namun ketika kita bersama dengan ibu, energi positif dan warna-warnanya yang cerah akan menghiasi hidup kita.

Pengalaman yang saya dapat berawal dari video klip Monokrom ini masih terus terngiang. Di bulan Desember tahun 2020, ketika saya masih kelas 12 SMK saat itu merupakan waktunya liburan semester. Namun aku dan creative team mendapatkan projek dari sekolah untuk membuat shortmovie untuk memperingat Hari Ibu Nasional. Kala itu saya menjadi seorang scriptwriter dan cukup kesulitan untuk menulis naskah filmnya. Karena ini kali pertamanya saya mengambil tema Hari Ibu yang mana teman ini sangat mendalam sekali untuk di buat storyline. Untuk itu saya meminta bantuan kepada pembimbing saya karena saya masih hitam putih (monokrom), tidak ada ide, tidak begitu mengerti konsep filmnya. Pembimbing saya menyarankan saya untuk melihat video klip Monokrom ini dan menelaah tone warna, tanda petanda, makna, alur cerita, dan lirik lagunya.

Suatu karya yang sangat sempurna untuk dijadikan referensi. Saat itu saya kembangkan di penulisan dan cukup lancar untuk men-direct tim.

Source : https://youtu.be/fGi3Hr6B2v8

Tinggalkan komentar

Rancang situs seperti ini dengan WordPress.com
Ayo mulai